Mengetahui Konstruksi Baja Ringan Kanopi, Serta Kelebihan & Kekurangannya

Kanopi baja ringan merupakan sebuah rangka dan atap yang biasanya di pasang di daerah beranda, depan rumah.

Banyak sekali orang yang sudah memasang sebuah karakteristik material berbahan kanopi ini di rumah untuk membuat suasana rumah.

Menjadi lebih teduh dan untuk melindungi sebuah kendaraan dari panasnya terik matahari dan curah air hujan.

Secara umum kanopi banyak di pasang di bagian depan rumah, khusunya pada sebuah garasi,  karena kanopi memiliki kualitas standar yang baik sehingga kanopi banyak sekali di minati oleh masyarakat.

Tidak hanya baja ringan kanopi saja yang menjadi pilihan masyarakat tetapi masih banyak lagi jenis baja ringan yang banyak di butuhkan masyarakat semisal kita ambil contoh seperti baja ringan galvalum.

Baja ringan pada galvalum juga sangat sering sekali jadio pilihan masyarakat dalam melakukan sebuah pembangunan rumah karena sama-sama mempunyai kualitas yang baik.

Karakteristik Kanopi Baja Ringan

Perlu kamu ketahui kanopi dari baja ringan mempunyai banyak sekali kelebihan dan juga kekurangannya tersendiri, berikut penjelasan mengenai kenapa baja ringan adalah bahan yang cocok untuk kanopi.

1. Anti karat

Keistimewaan dari kanopi baja ringan ini adalah tentunya tahan terhadap karat, karena baja ringan di lapisi oleh lapisan galvalum, yang merupakan pelapis anti karat dengan karbon sebagai komponen utamanya.

Karena dari lapisan anti karat tersebut, yang berbahan dasar aluminium dan seng, maka dari itu kamu tidak harus menyiapkan dana yang lebih untuk perawatan kanopi rumah.

Dari alasan tersebutlah yang membuat kanopi baja ringan layak menjadi pilihan untuk kanopi rumah, karena dari ketahananya yang anti karat dapat melindungi sebuah garasi di depan rumah dari adanya curah air hujan serta teriknya panas sinar matahari.

2. Anti terhadap rayap

Baja ringan ini berbeda dengan bahan kanopi sejenis kayu, yang mudah sekali terserang oleh rayap yang kemudian mengakibatkan kelapukan dan lain-lainnya.

Sangat berbeda dengan baja ringan ini jauh lebih tahan lama karena tidak akan termakan oleh adanya rayap yang mengganggu tentunya.

Kamu tidak perlu melakukan tindakan apapun untuk mencegah rayap memakan rangka baja ringan kamu, tentunya hal ini akan mempermudah kamu kedalam hal perawatan rutin.

3. Pemasangannya lebih mudah dan cepat

Baja ringan mempunyai beban yang ringan, sehingga dalam waktu pemasangannya bisa lebih cepat, dan untuk proses perakitannya tidak perlu membutuhkan las.

Karena rangka baja ringan di pasang menggunakan baut khusus, sehingga menjadikan proses pemasanganya lebih mudah dan lebih cepat.

4. Harga lebih terjangkau 

Harga dari kanopi jenis ini, tergolong sangat terjangkau dari masalah mengenai harga, ini sudah termasuk dari harga beli hingga harga pemeliharaan.

Berbeda dengan kanopi berbahan dari besi maka kanopi baja ringan ini masih berada di kisaran harga yang rendah, soal pemeliharaan sangat mudah, serta jangka waktu penggunaan yang panjang.

Tentu saja akan membantu kamu dalam menghemat pengeluaran, untuk masalah kualitas jangan di ragukan lagi karena baja ringan kanopi ini mempunyai kualitas yang sangat baik sekali. 

5. Bersifat dapat menahan persebaran api

Kelebihan selanjutnya dari bahan baja pada kanopi bersifat tidak menyebarkan api, otomatis relatif lebih aman apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran atau hal yang sama sekali tidak kita inginkan terjadi.

Tentunya pada kondisi yang darurat akibat kebakaran kanopi dari baja ringan ini dapat membantu memudahkan proses pemadaman menjadi lebih akurat, itulah keunggulan dari baja ringan pada kanopi yang mestinya kamu ketahui.

6. Tidak mengalami pemuaian dan penyusutan 

Kanopi dari baja ringan ini memiliki ketahanan yang sangat luar biasa, sehingga nyaris tidak mempunyai nilai pemuaian dan penyusutan, terhadap cuaca yang berubah-ubah jadi.

Kamu tidak perlu meragukan kemampuan baja ringan pada kanopi karena kanopi dengan material ini tidak akan mengalami perubahan bentuk yang dapat mengubah keindahan bentuknya.

Kekurangan kanopi Baja ringan 


1. Memiliki tampilan yang kurang indah

Kenapa kanopi dengan bahan baja ringan kurang indah ini di sebabkan oleh adanya faktor struktur kanopi baja ringan perlu adanya di desain sedemikian rupa dan banyak sambungan agar.

Sanggup menopang beban sehingga lebih kokoh, apabila semakin berat atap yang di pakai untuk kanopi otomatis struktur baja ringannya juga akan semakin rumit.

2. Perlu adanya ketelitian dalam konstruksi struktur

Perlu kamu ketahui pada sambungan antar komponen pada kanopi baja ringan memakai baut, dan tidak memakai las seperti besi pada umumnya atau juga tidak di paku seperti struktur kayu.

Dan sistem pada baut ini memiliki kelemahan yaitu dengan seiringnya waktu jika sering bergoyang akan mengakibatkan kendor. 

Maka dari itulah perlu yang namanya perhitungan yang teliti dalam pengerjaanya supaya benar-benar kokoh.

3. Rentan terhadap penipuan dan masalah permainan harga

Tentunya kamu perlu yang namanya berhati-hati dan tetap berwaspada, apabila kamu kurang mengerti tentang baja ringan, kamu bisa saja di permainkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Demi mendapatkan suatu keuntungan dari sebuah proyek kanopi kamu, kita ambil contoh saja, semisal dari segi kualitas bahan.

Jarak kuda-kuda, ketebalan struktur, ketebalan penutup atap, serta jumlah sambungan, semua itu otomatis bisa saja di kurangi untuk mendapatkan sebuah keuntungan yang lebih besar.

Tips Merawat Konstruksi Baja Ringan Kanopi

Apabila kita sudah mengetahui kelebihan serta kekurangan dari konstruksi baja ringan kanopi, sekarang kitya beralih ketahapan cara merawat konstruksi baja ringan kanopi.

Agar konstruksi baja ringan yang kamu miliki terlihat menawan, langkah yang harus kamu lakukan ialah kamu perlu yang namanya perawatan, berikut tips merawat konstruksi baja ringan kanopi.

  • Melakukan penyemprotan pada kanopi dengan air agar terlihat lebih bersih.
  • Melakukan perawatan pada perekat apabila kanopi kamu rusak.
  • Lakukanlah pengecetan secara berkala agar kamu dapat mengetahui apa saja yang kurang pada kanopi kamu.
  • Selanjutnya lakukanlah pengecekan secara rutin, hal tersebut perlu kamu lakukan bertujuan supaya kamu mengetahui apa saja yang salah, dan yang harus diperbaiki pada kanopi rumah kamu.

Mungkin itu saja penjelasan singkat mengenai konstruksi baja ringan kanopi, kelebihannya serta kekurangannya, semoga dari penjelasan tersebut dapat bermanfaat! Terimakasih.   


               


Belum ada Komentar untuk "Mengetahui Konstruksi Baja Ringan Kanopi, Serta Kelebihan & Kekurangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel