Cara Membuat Konstruksi Pondasi Cakar Ayam Bangunan Yang Mudah


Biasanya untuk membuat rumah bangunan 2 lantai biasanya sangat membutuhkan pondasi yang kuat dan salah satu yang terpenting yaitu membuat rancangan tulang besi.

Dengan memakai sebuah rancangan yang kokoh dan kuat serta menggunakan desain seperti ini rumah yang kamu miliki.

Akan lebih nyaman saat ditempati bersama keluarga kamu, karena akan tetap kuat jika terjadi sebuah bencana alam seperti gempa.

Pondasi cakar ayam merupakan pondasi yang sangat populer di dalam dunia konstruksi, karena pondasi ini berfungsi sebagai alat alternatif pemecahan masalah tanah di bawah pondasi yang terlalu lunak.

Pondasi cakar ayam ini terdiri dari plat beton yang bertulang, plat beton ini akan mengembang pada permukaan tanah dan kekuatan pada plat beton ini.

Akan di perkuat serta di pertahankan oleh adanya pipa-pipa yang tetap berdiri akibat tekanan tanah yang pasif dengan begitulah plat dan konstruksi di atasnya tidak mudah bengkok.

Jika kita ketahui pada sistem pondasi sejenis lainnya, yang menggunakan plat beton dengan balok pangku akan memiliki tingkat kekakuan dari tingkat tersebut berasal dari konstruksinya sendiri.

Sedangkan pada pondasi cakar ayam ini tingkat kekakuannya di dapat dari tekanan tanah yang pasif, ini menunjukan.

Dengan adanya daya dukung yang sama sehingga volume beton pada cakar ayam akan berkurang dan membuat konstruksinya bisa lebih ekonomis, tidak hanya pondasi cakar ayam saja yang menjadi.

Tolak ukur sebuah pembangunan akan tetapi pondasi batu kali juga sangat banyak digunakan bagi kontraktor untuk membangun konstruksi sebuah bangunan

Pada pondasi cakar ayam ini juga memiliki, komponen dan variasi pondasinya antara lain, Telapak beton dan Paten, dari komponen tersebutlah pondasi cakar ayam ini mempunyai titik keunggulan.

Kamu juga harus mengetahui juga bagiamana sih? untuk membangun sebuah pondasi rumah yang bagus, kuat dan kokoh 

Manfaat Pondasi Cakar Ayam Dalam Konstruksi Bangunan

Pada pondasi cakar ayam tentunya memiliki berbagai manfaat serta keunggulan, berikut manfaat dan keunggulan dari pondasi cakar ayam.

1. Pada pondasi ini bisa digunakan pada struktur tanah yang lembek.

Pondasi ini dapat di gunakan pada kontur tanah yang lembek atau tanah yang berair, pada pondasi cakar ayam ini juga memiliki daya dukung serta tidak memerlukan sela untuk mengambang akibat perubahan iklim.

2. Tidak perlu sistem drainase 

Pada pondasi cakar ayam adalah tidak memerlukan sistem ini karena pondasi cakar ayam ini menggunakan beton yang kuat serta padat, kenapa pada pondasi cakar ayam ini tidak menggunakan sistem drainase sehingga dapat mengurangi pembiayaan pada saat membangun konstruksi.

Cara Membuat Pondasi Cakar Ayam Yang Benar

Setelah kamu sudah mengetahui tentang pondasi cakar ayam, sekarang saatnya kita untuk mengetahui bagaimana cara membuat pondasi cakar ayam, berikut ulasannya.

1. Menentukan Besaran Jumlah Biaya

Membuat pondasi cakar ayam memang tidak begitu mudah, akan tetapi kamu juga harus melakukan pemilihan baja yang memiliki kualitas yang terbaik, dan juga kamu harus menentukan berapa besaran biaya yang diperlukan nantinya.

Biasanya jenis besi yang digunakan adalah sejenis besi ulir atau besi yang masih mulus, untuk ukuran diameternya juga menjadikan patokan dalam menentukan jumlah harganya.

Tidak hanya menentukan harga besinya saja, tetapi kamu juga harus menentukan biaya atau upah untuk tukang yang nantinya tukang tersebut akan bekerja untuk memasang dan membangun pondasi tersebut.

2. Menentukan Rangka Baja Yang Diperlukan

Menentukan rangka baja untuk membuat pondasi cakar ayam merupakan hal yang sangat penting dilakukan.

Yang dapat kamu lakukan yaitu untuk memilih tulangan baja dengan teliti, yang bertujuan agar baja yang digunakan dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.

3.  Membuat Bagian Dasar 

Tahapan selanjutnya jika kita sudah melakukan pemilihan rangka baja, selanjutnya yang harus kamu perhatikan yaitu, kamu harus mengetahui cara membuatnya.

Untuk cara membuatnya kita gunakan pengaplikasiannya dengan cara bagian dasarnya, pada bagian dasarnya, terkadang kamu harus menyesuaikan beban bangunan maupun kondisi tanahnya yang hendak di bangun. 

Demikian penjelasan singkat mengenai cara membuat konstruksi pondasu cakar ayam untuk bangunan, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat! Terimakasih.


Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Konstruksi Pondasi Cakar Ayam Bangunan Yang Mudah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel