Pengertian Baja Ringan? Serta kelebihan & Kekurangannya

 

konstruksi baja ringan

Pengertian Baja Ringan | Baja ringan adalah sebuah baja karbon yang mempunyai sifat serta kekuatan yang kuat sehingga banyak sekali di gunakan untuk bahan keperluan konstruksi atap bangunan.

Secara umum baja ringan terbentuk dari adanya penggabungan bahan dasar campuran antara seng dan alumunium serta bahan material tambahan lainnya yang kemudian, di cetak sesuai profil keinginan.

Baja ringan pada dasarnya untuk saat ini, memang menjadi pilihan banyak orang untuk bahan membangun suatu bangunan, karena baja ringan memiliki kualitas produk yang baik.

Sehingga jenis dan bagian baja ringan kini memiliki keunggulan yang baik dan semakin mengalami kemajuan, terutama dari segi mutu.

Kini sudah semakin banyak produsen rangka atap baja ringan yang menyesuaikan pembuatan material konstruksi ini dengan, Standar Nasional Indonesia (SNI).

Istilah baja ringan juga mempunyai suatu istilah yang berbeda-beda dalam penyebutnya, antara lain, Kanal C, CNP Baja Ringan, C Galvalum, dan lain sebagainya.

Harus kamu ketahui baja ringan ini juga memiliki ketebalan yang berbeda-beda pula, untuk mengetahui ketebalan dari masing-masingnya, berikut ulasanya.

  • Baja ringan dengan ketebalan 0,50 - 0,55 mm
  • Baja ringan dengan ketebalan 0,60 - 0,65 mm
  • Baja ringan dengan ketebalan 0,75 - 1,00 mm
Jika kita sudah mengetahui dari masing-masing ketebalan baja ringan, sekarang kita membahas mengenai keunggulan baja ringan, berikut keunggulannya.

Keunggulan Dari Baja Ringan



1. Baja ringan itu mempunyai sistem ringan dan mudah dalam proses memasangannya

Baja ringan ini mempunyai suatu keunggulan yaitu ringan jika di bandingkan dengan material pembuat atap lainnya, karena hanya memiliki titik keringan antara, 9 kg/m2, dengan mempunyai sifat yang ringan ini tentu saja akan memudahkan para pekerja konstruksi dalam memasang rangka atap.

2. Baja ringan juga memiliki keunggulan kuat dan tahan lama 

Dengan memiliki sifat material yang ringan, akan tetapi baja ringan ini juga kuat dan awet dalam penggunaanya, bahkan bahan bangunan ini tidak mudah berkarat dan tahan menghadapi cuaca yang ekstrim, otomatis bisa melindungi tempat tinggal kamu.

3. Mudah di bentuk serta di sambung

Dengan tekstur yang mudah di bentuk dan di sambung, atap baja ringan sangat bisa jadi solusi untuk membuat atap bangunan yang sesuai dengan keinginan kamu.

Karena material sejenis baja ringan ini sangat mudah di potong dan di bentuk, mengikuti bentuk rangka atap yang kita inginkan 

Dan juga baja ringan ini juga dapat di sambungkan dengan jenis atap lainnya menggunakan material penghubung baja.

Kekurangan Dari Baja Ringan



Kamu tentunya sudah mengetahui tentang baja ringan beserta keunggulan dalam penggunaanya, sekarang kita membahas kekurangan dari material baja ringan, simak penjelasan berikut ini.

1. Biaya tidak murah

Dengan mempunyai kualitas standar yang baik dan keunggulan yang di dapatkan, material baja ringan ini tergolong dengan biaya yang cukup mahal, akan tetapi untuk sistem penggunaanya tergantung merk yang kamu butuhkan dan kamu gunakan untuk konstruksi atapnya.

2. Mudah terbawa oleh angin

Karena mempunyai sifat yang ringan, baja ringan ini sangat mudah sekali terbawa oleh adanya angin, tetapi, apabila kamu memasangnya dengan benar.

Maka hal itu tidak akan terjadi, karena sistem sambungan pada baja ringan hanya menggunakan baut saja, yang tentunya memudahkan angin untuk meniup lepas kerangka atap rumah.

3. Rentan roboh apabila tidak teliti

Apabila, atap baja ringan menggunakan sistem berbentuk jaring agar bisa membangun sebuah atap yang kuat serta tahan lama, maka hal ini akan sangat berbahaya jika kamu tidak memperhitungkan dengan benar. 

Karena kegagalan dalam melakukan perhitungan konstruksi atap rumah bisa saja menyebabkan suatu kegagalan yang menyeluruh, sehingga akan menyebabkan atap bangunan bisa roboh. 

BACA JUGA; Bagian-Bagian Baja Ringan Dan Pembuatannya

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian baja ringan, baik dengan itu kelebihan dan kekurangannya. Semoga dari apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat! Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Baja Ringan? Serta kelebihan & Kekurangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel