Mengenal Bagian-Bagian Jenis Baja Ringan & Pembuatannya

Berbicara mengenai baja ringan, biasanya untuk membuat sebuah konstruksi bangunan sangat membutuhkan beberapa elemen yang berkualitas.

Secara umum pada saat kita membangun sebuah bangunan, kita ambil contoh saja semisal kita ingin membangun sebuah rangka pada atap rumah.

Tentunya kita memerlukan sebuah bahan material yang memiliki kekuatan yang benar-benar berkualitas serta bisa menahan beban yang berat, biasanya bahan yang sering di gunakan ialah baja ringan dan kayu.

Dari masing-masing tentunya mempunyai suatu kelebihan sendiri-sendiri baik dari segi harga, pemasangan dan lain sebagainnya.

Mengenal Bagian Dan Pembuatan Baja Ringan

mengenal baja ringan

Baja ringan memanglah menjadi salah satu produk yang banyak sekali di minati dan di rekomendasikan terutama untuk membuat salah satu konstruksi bangunan.

Kelebihannya hanya terletak pada suatu ukuran yang sehingga bisa mudah di aplikasikan untuk keperluan pribadi khususnya untuk sebuah konstruksi bangunan.

Pada material baja ringan ini di produksi oleh salah satu pabrik yang cara pembuatannya dengan cara mencampurkan beberapa bahan pendukung besi dan batu bara.

Dan sebenarnya pembuatan baja ringan juga tidak jauh berbeda dengan, pembuatan batang besi pada umumnya, untuk proses pembuatannya adalah dengan sistem.

Besi dan batu bara di ekstraksi yang kemudian di leburkan dengan suhu panas yang cukup tinggi sehingga menjadi meleleh, dan lelehan tersebut yang kemudian di pindahkan ke tempat pembakaran.

Guna untuk menghilangkan kotoran yang masih tersisa pada bahan tersebut, selanjutnya baja ringan tersebut di diamkan agar cepat memadat di dalam cetakan berbentuk persegi panjang. 

Dan hasil dari ptoduk ini memanglah begitu sangat baik dan mempunyai kekuatan yang cukup tinggi sehingga sangat cocok di gunakan untuk konstruksi atap maupun dinding. 

Baja ringan merupakan suatu bahan material yang menjadi salah satu elemen yang begitu banyak di gunakan untuk membuat kerangka sebuah bangunan maupun gedung.

Baja ringan ini memiliki ukuran yang presis sehingga dapat memudahkan dalam pemasangan, tanpa kita harus melakukan pemotongan untuk menyesuaikan panjang atau ketebalannya.

Mengenal Jenis-Jenis Baja Ringan

Mengenal jenis-jenis baja ringan

Perlu kamu ketahui di dalam dunia konstruksi material, baja ringan ini mempunyai beberapa jenis antara lain, bondek, spandek, dan truss, untuk lebih lanjutnya, berikut ulasannya yang harus kamu ketahui.

1. Bondek


Baja ringan sejenis bondek, adalah salah satu jenis baja ringan yang paling banyak tersebar luas di suatu pasar bangunan, biasanya jenis baja ringan ini hanya di gunakan dalam rangka pengaplikasian pada tulangan satu arah.

Dan biasanya jenis ini juga bisa digunakan untuk proyek yang berhubungan langsung dengan konstruksi beton.

Baja ringan sejenis bondek ini mempunyai suatu kelebihan, kelebihannya adalah dalam waktu pengerjaannya cepat dan dalam pemasangannya juga sangat mudah, dengan pemasangan yang mudah dan untuk pembongkarannya juga relatif cepat.

2. Spandek


Jenis baja ringan yang satu ini memiliki sifat yang tahan terhadap korosi dan kualitas baja ringan tersebut di dapatkan melalui proses pengecetan menggunakan teknologi yang modern.

Jenis material ini selain digunakan untuk atap baja ringan, akan tetapi juga cocok untuk dinding dalam pengaplikasiannya sangat mudah karena memiliki ukuran yang sama.

Dan memiliki warna yang cukup beragam, jenis material spandek ini tidak hanya populer di dalam negeri saja tetapi juga sangat populer di luar negeri. 

Karena ini salah satu jenis bahan material yang tahan terhadap kondisi apa saja sehinga membuat banyak kontraktor menyukai material sejenis ini.

3. Truss


Selanjutnya, jenis baja ringan truss, bahan material sejenis ini sangat begitu banyak diminati di kalangan dunia konstruksi.

Jenis baja ringan truss ini pada umumnya di buat dari material utama berupa zinc, untuk proses pemasangannya begitu sangat mudah sekali.

Dan jenis baja ringan ini juga memiliki sifat yang tahan lama dan anti karat, tentunya akan sangat menguntungkan bagi kamu yang menggunakan bahan material ini.

Untuk baja ringan ini juga mempunyai ukuran yang berbeda-beda serta ketebalan yang bervariasai dengan ukuran panjang sekitar 6 meteran.

Apabila kebutuhan kerangka melebihi panjang maksimal kamu bisa melakukan penyambungan mengenai masalah harga juga sangat bervariasai tetapi jangan di hiraukan lagi dengan masalah harga karena jenis baja ringan ini mempunyai kualitas yang sangat baik.

 Kelebihan Material Konstruksi Baja Ringan 

Kelebihan baja ringan

Pada dasarnya baja ringan itu memiliki suatu kelebihan tersendiri dari kelebihan itulah konstruksi baja ringan ini semakin banyak diminati oleh kalangan penduduk maupun oleh seorang kontraktor, untuk mengetahui kelebihan dari bahan material baja ringan ini simak penjelasan berikut ini.

1. Kontruksi baja ringan ini memiliki sifat anti keropos.

Kelebihan dari salah satu bahan marerial yang terbuat dari baja tentunya memiliki sifat tahan terhadap serangan rayap, yang sehingga tidak memudahkan cepat keropos tentunya akan tahan lama.

Berbeda dengan bahan sejenis kayu jika kayu tentunya semakin lama, akan mudah keropos dan akan tidak bertahan dengan lama. 

Dari situlah bahan material sejenis baja memanglah mempunyai titik keunggulan yang berbeda untuk membuat konstruksi bangunan agar semakin kokoh.

2. Konstruksi baja ringan ini juga lebih menghemat waktu.

Kenapa bisa di bilang begitu, karena memang jenis produk ini begitu sangat mudah sekali di pasang karena ukurannya yang ringan, sehinga waktu yang hanya, di perlukan menjadi lebih singkat.

Untuk ukurannya juga memiliki ukuran yang sama persis, jadi kamu tidak perlu khawatir, karena ini merupakan produk pabrik.

Dari pertimbangan sinilah banyak sekali kontraktor memilih produk tersebut, untuk pembeliannya juga begitu sangat mudah, karena bahan ini tidak memerlukan butuh banyak tenaga untuk mengangkutnya. 

3. Konstruksi baja rigan ini juga tahan karat dan korosi.

Pada konstruksi baja ringan ini merupakan suatu bahan material yang memiliki kelebihan pada daya tahan dan kekuatan yang sangat baik.

Salah satunya ialah dengan bentuk karakteristiknya yang tahan terhadap karat dan juga korosi, dan pada baja ringan ini juga tidak bakal akan terjadi yang namanya pengeroposan.

Sehingga rangkanya akan terus selalu berdiri kokoh dan kuat, karena bahan ini memiliki struktur yang begitu elastis, yang membuat tidak ada mengalami efek keterkejutan.

4. Memiliki konsistensi bentuk yang tinggi. 

Selanjutnya adalah baja rigan ini mempunyai kelebihan konsistensi bentuk yang sangat tinggi, karena konstruksi ini bentuknya sangat memudahkan dalam kepengaplikasian ke berbagai kebutuhan.

Walaupun hanya memiliki panjang sekitar 6 meter, akan tetapi tetap bisa di lakukan pemasangan hingga mencapai ketinggian tertentu.

Ketebalannya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan yang kamu inginkan, baja ringan ini juga memiliki bahan yang sangat elastis sehingga tidak akan cepat pecah maupun retak saat menerima beban yang sangat besar.

BACA JUGA; Pengertian Baja Ringan Serta Kelebihan Dan Kekurangannya


Demikian penjelasan singkat mengenai bagian jenis baja ringan dan pembuatannya, semoga apa yang saya jelaskan bisa bermanfaat, dan menjadi tolak ukur kamu pada saat ingin menentukan bahan material untuk membangun sebuah bangunan! Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Bagian-Bagian Jenis Baja Ringan & Pembuatannya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel