Cara Mendesain Green House Rumah Kaca, Hidroponik Sederhana

Mengenal green house hidroponik, green house hidroponik atau rumah kaca, merupakan sebuah bangunan konstruksi yang bertujuan untuk menghindari dan memanipulasi kondisi lingkungan.

Supaya tercipta dari kondisi lingkungan yang dikehendaki dalam pemeliharaan tanaman, tanaman bisa tumbuh dengan baik karena ada perlakuan khusus terutama dengan cara menanam tanaman di green house ini.

Seperti kamu yang hobi dengan bercocok tanam di rumah tentunya kamu sangat memperdulikan kondisi serta kesehatan tanaman yang kamu miliki.

Dengan demikian banyak hal yang mestinya kamu lakukan di antaranya mulai dari melakukan pemberian pupuk maupun nutrisi untuk tanaman kamu, sehingga kamu memerlukan biaya untuk membuat sebuah green house hidroponik.

Tujuan pembuatan green house adalah untuk membantu perawatan tanaman kamu agar terhindari dari cuaca yang tidak memungkinkan.

Untuk rumah kaca atau istilah dari green house, sering kali dibuat pada perkebunan yang memiliki skala yang besar untuk menghindari potensi kerugian akibat dari gangguan eksernal.


Manfaat Green House 

Secara umum, manfaat green house bagi tanaman sebagai berikut.
  • Dapat menanam tanpa mengenal musim
  • Dapat meningkatkan kualitas dan kuantintas hasil produksi
  • Memungkinkan budidaya secara organik


Tipe, Jenis-Jenis Green House 

Pada tipe dan jenis green house kamu dapat membedakan, dengan cara melihat desainnya, seperti pada daerah beriklim tropis.

Biasanya desain bangunannya dibuat dengan banyak ventilasi yang bertujuan untuk mengurangi suhu udara tinggi didalamnya.

Sedangkan di daerah beriklim sub tropis biasanya dibuat dengan lebih tertutup yang bertujuan untuk mempertahankan suhu udara yang hangat di dalamnya.

Bangunan green house, secara umum dapat dibedakan menjadi tiga tipe jenis bangunan antara lain sebagai berikut.
  • Tipe Tunel
  • Tipe Piggy Back 
  • Tipe Multispan  

Pada artikel ini saya akan menjelaskan mengenai contoh cara mendesain green house atau rumah kaca hidroponik berikut ulasanya.


 1. Green House Minimalis Cocok Untuk Di Halaman Rumah


Untuk kamu yang ingin membangun green house di daerah halaman rumah, kamu bisa kurang lebihnya membangun sebuah green house sederhana seperti pada gambar tersebut.

Untuk membangun green house di halaman rumah bangunlah sesuai luas lahan di area halaman rumah kamu sehingga dapat memudahkan kamu untuk nanti dalam membuat green house sederhana.

2. Green House Minimalis Sederhana Modern



Pada desain rumah kaca tersebut terlihat sangat modern tetapi pada bagian bangunannya dibuat dengan kayu, green house atau rumah kaca tersebut juga memiliki ukuran yang lebih besar dan luas.

Untuk membuat bangunan tersebut kamu dapat menggunakan konstruksi dengan iklim disekitar kamu, baik menggunakan besi.

Alumunium maupun kayu, supaya dapat terlihat menarik kamu dapat memberikan cat pada bagian bangunan tersebut. 

Dan untuk dinding atau atapnya kamu tetap harus menggunakan material kaca, untuk bertujuan agar sinar matahari dapat masuk untuk menyehatkan tanamanmu.

3. Membuat Green House Di Dinding Halaman Rumah



Dengan membuat tanaman hidroponik kamu juga bisa melakukan sebuah budidaya tanaman, dengan cara memanfaatkan dinding di halaman rumah kamu sebagai tanaman hidroponik hal ini bisa lebih hemat.

Caranya yaitu dengan cara pada gambar tersebut dengan membuat struktur baru yang menempel pada dinding, pada contoh tersebut kamu hanya memerlukan botol minuman bekas saja.

Dan pada botol tersebut di bagian tengannya di pangkas sehingga membentuk lubang, nantinya pada lubang tersebut bertujuan untuk tempat media penanamannya dan juga diberikan tanah.

Untuk kelangsungan penanaman langkah selanjutnya kamu perlu memberikan tali benang, untuk digantung-gantungkan kuarang lebinya pada contoh gambar diatas.  

4. Mendesain Green House Memanfaatkan Bambu



Untuk membuat green house hidroponik kamu juga dapat menggunakan bahan sejenis bambu, karena bambu juga termasuk bahan material yang mudah didapatkan dan sangat murah biayanya.

Manfaatkanlah material ini untuk membuat rumah kaca dengan sangat sederhana utuk melindungi bibit-bibit tanaman kamu.

Tidak hanya bambu saja tetapi bahan yang harus kamu perlukan adalah plastik bening dengan ukuran yang tebal, setelah itu rancang dan buatlah green house tersebut dengan semaksimal mungkin.

Demikian penjelasan yang saya sampaikan mengenai cara mendesain green house rumah kaca hidroponik, sederhana. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat! Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendesain Green House Rumah Kaca, Hidroponik Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel