Menegenal Green House Hidroponik


Green house merupakan sebuah bangunan kontruksi yang bertujuan untuk menghindari dan memanipulasi kondisi lingkungan agar tercipta kondisi lingkungan yang dikehendaki dalam pemeliharaan tanaman.


Green House biasa disebut “Rumah Kaca”, karena green house di buat dari bahan yang tembus cahaya seperti kaca, achrilic, plastik dan sejenisnya untuk membuat green house lebih menarik.


Kamu perlu yang namanya melakukan sebuah mendesain green house hidroponik dengan sederhana untuk membuat green house yang kamu miliki lebih terlihat menarik dan mempunyai keunggulan pribadi.


Dalam budidaya tanaman di dalam greenhouse yaitu memiliki keunggulan  sendiri yakni berupa lingkungan mikro yang lebih terjangkau secara baik sehingga dapat menghasilkan produksi pada tiap tanaman tersebut.


Greenhouse atau rumah kaca mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap lingkungan mikro di dalamnya. Karena salah satu parameter lingkungan mikro tanaman, merupakan suhu.

 

Karena suhu yang tinggi dapat mempercepat hasil evapotranspirasi tanaman yang akan mempercepat kehilangan air dan energi.


Itulah pentingnya melakukan sebuah penanaman menggunakan green house karena di dalam green house tersebut dapat menghasilkan kualitas tumbuhan yang baik dan terhindar dari hama dan penyakit yang menyerang.


Cara Kerja Greenhouse

Cara kinerja green house sendiri yaitu untuk mengurangi laju aliran panas dari luar ruangan dengan cara menghambat laju aliran energi panas yang sudah di serap melalui konveksi.


Bahan green house atau rumah kaca sendiri biasanya bahan yang digunakan adalah plastik atau kaca, sehingga sinar matahari bisa melewatinya.


Peranan sinar matahari merupakan bagian integral dari green house atau rumah kaca, sehingga memudahkan suhu menjadi tetap hangat, karena sinar matahari memanaskan tanah di dalam rumah kaca.


Manfaat Green House

Green house atau rumah kaca dapat mengurangi energi panas dari bangunan dengan menghambat panas yang telah diserap melalui konveksi.


Bahan untuk konstruksi rumah kaca biasanya kaca atau plastik sehingga sinar matahari bisa melewatinya.


Adapun manfaat green house sebagai berikut :

1. Sebagai tempat pelindung dari perubahan cuaca / iklim


2. Sebagai tempat pelindung dari turunnya curah air hujan yang dapat merusak tanaman terutama yang masih kecil.


3. Sebagai pelindung dari Panas sinar matahari berlebih yang dapat menyebabkan daun melayu dan menguning.


4. Sebagai pelindung dari serangan hama dan penyakit  di lingkungan sekitar.


Konstruksi Greenhouse

Konstruksi bangunan rumah kaca atau yang disebut greenhouse adalah jenis bangunan yang memiliki tekstur luas.


Dengan demikian untuk membangun sebuah greenhouse atau rumah kaca, diperlukan bahan yang ringan, tipis, tetapi kuat, rangka terbaik untuk membuat greenhouse biasanya baja.

Namun kita juga dapat menggunakan kayu atau bambu sebagai rangka utamanya. Ini akan memberikan kesan alami yang baik dari dalam.


Untuk bahan atap rumah kaca bisa dibuat dengan genteng kaca, atau lembaran plastik.


Demikianlah mengenai green house atau rumah kaca dan tujuan fungsi dari green house . Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan mengenai rumah kaca. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Menegenal Green House Hidroponik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel